Jumat, 12 Maret 2010

ANALISIS SWOT PT KERETA API INDONESIA

LANDASAN TEORI

Salah satu metoda analisis lingkungan yang sering digunakan adalah Analisis SWOT (Strenght / Kekuatan, Weaknesess / Kelemahan, Opportunity / Peluang, Threats /Ancaman).

Kekuatan adalah variabel atau faktor-faktor internal seperti teknologi yang dimiliki perusahaan, sumberdaya manusia (karyawan dan manajemen), sistem, maupun modal, yang mampu menjadikan perusahaan memiliki keunggulan tertentu. Paling tidak, faktor tersebut menjadi penentu utama untuk mempertahankan atau kalau bisa mengembangkan-kinerja perusahaan. Sedangkan kelemahan adalah faktor yang menyebabkan perusahaan tidak mampu mengerjakan sesuatu yang ternyata dapat dikerjakan dengan baik dan atau lebih murah oleh pesaingnya. Faktor ini dianalisis dapat menyebabkan penurunan kinerja perusahaan.

Sementara itu, yang disebut dengan peluang dan ancaman adalah faktor-faktor yang berasal dari luar perusahaan, misalnya:
1. Ancaman dominan dalam industri
2. Kekuatan dan dorongan persaingan dalam industri
3. Faktor penyebab perubahan
4. Aktivitas pesaing
5. Faktor yang menentukan keberhasilan untuk bersaing dalam industri
6. Daya tarik industri

sumber : http://wardoyo.staff.gunadarma.ac.id

PEMBAHASAN

Visi Perusahaan :Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.

Misi Perusahaan : Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.

Tujuan Perusahaan : Memberikan pelayanan jasa yang berkualitas dan berorientasi kepada kepuasan pengguna jasa kereta api melalui pengelolaan secara professional.

Strenght

1.merupakan jasa transportasi yang paling banyak di pergunakan oleh masyarakat,
karena cukup ekonomis dan cepat.
2.memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang
beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara
teratur di berbagai daerah.
3.Kereta Api Kelas Ekonomi masing-masing memiliki nilai ekonomis bagi setiap
penggunaan dinamika perekonomian nasional, khususnya untuk menunjang sektor
pariwisata.
4.Untuk menunjang kepariwisataan, PT. KAI memberikan pelayanan kereta khusus wisata
yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang memuaskan.

Weaknesess

1.Masalah keterlambatan jadwal perjalanan. Hal ini disebabkan pada bagian jalan KA
tertentu sedang ada pelaksanaan perbaikan pada komponen jalan rel, baik berupa
penggantian rel dan bantalan, sehingga KA harus berjalan perlahan dan berpengaruh
terhadap waktu tempuh.
2.Jumlah unit KA yang ada sekarang masih kurang, jika dibandingkan dengan jumlah
penumpang yang sangat banyak. bahkan disetiap gerbong KA selalu kelebihan muatan
atau OverLoad dari jumlah kapasitas yang diharuskan.
3.Pelayanan dan keamanan masih sangat kurang dan perlu di tingkatkan lagi
kinerjanya, baik pada saat di stasiun maupun saat di dalam gerbong kereta masih
belum terdapat pelayanan dan keamanan yang memuaskan konsumen.

sumber : www.wartawarga.gunadarma.ac.id

Opportunity

1.Sebagian besar masyarakat indonesia banyak yang menggunakan jasa kereta api.
2.PT. Kereta Api Indonesia merupakan satu – satunya perusahaan yang menyediakan jasa
angkut yang tidak memakan waktu banyak dibanding transportasi darat lainnya.
3.Biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa tidak terlalu mahal.

Threats

1.Jika mengalami kecelakaan dapat memakan banyak korban.
2.Rentan sekali terhadap kriminalitas.
3.Waktu yang ditempuh tidak secepat transportasi udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar